Mengoptimalkan Fungsi Kolom Search di Website Bisnis

1 min read

Bidang pencarian mungkin telah diabaikan baik secara visual maupun dalam pengembangan fungsi. Bidang pencarian website bisnis memegang peranan yang sangat penting, website dengan konten atau display produk yang banyak seperti e-commerce jelas membutuhkannya karena memudahkan pengunjung untuk menemukan produk yang dicari dengan cepat.

Tentu saja, jika kolom pencarian dirancang dengan baik dan memiliki fitur dan manfaat

yang memuaskan bagi pengunjung, maka akan meningkatkan lalu lintas dan keterlibatan di situs web itu sendiri. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan cara kerja kotak telusur di situs web perusahaan.


(1) Gambar yang terlihat

Kotak pencarian utama ada di pojok kanan atas. Keberadaan kolom pencarian sebelumnya karena tampilannya yang kurang terlihat antara ada dan tidak ada. Jika Anda mencoba bertindak sebagai pengguna yang baru saja mengunjungi situs web dan ingin mengetahui sesuatu yang khusus, Anda akan langsung diarahkan ke kotak pencarian.

Kotak pencarian visual yang muncul secara improvisasi

mengurangi nilai situs web itu sendiri. Ini tidak baik jika situs web Anda adalah situs web perusahaan, e-commerce, atau media online. Situs yang kami sebutkan umumnya memiliki konten yang tinggi, sehingga diperlukan kotak pencarian agar pengguna dapat menemukan apa yang mereka cari secara instan.

Jika Anda merasa kotak pencarian masih hilang secara visual di situs web Anda, hubungi konsultan IT dan pesan layanan desainer untuk memperbaiki tampilan!
(2) pelengkapan otomatis

Pernahkah Anda berbelanja di e-commerce seperti Tokopedia atau Shopee atau e-commerce lainnya? Jika demikian, apakah Anda pernah mencoba kotak pencarian di situs web e-niaga sebelumnya? Jika Anda perhatikan baik-baik, kotak pencarian Anda akan memiliki fitur pelengkapan otomatis.

Apa itu pelengkapan otomatis? Saat Anda memasukkan kata kunci di kotak pencarian, sistem akan menyarankan kata yang mirip sehingga Anda tidak perlu memasukkan kata kunci lengkap. Fitur ini dikenal sebagai pelengkapan otomatis.

Sistem akan secara otomatis melengkapi huruf atau kata

yang Anda masukkan di kolom pencarian. Jika Anda menambahkan fungsi pelengkapan otomatis ke bidang pencarian, bidang pencarian Anda menjadi jauh lebih fungsional. Pelengkapan otomatis memudahkan pengguna karena mereka tidak perlu mengetikkan kata kunci lengkap.
(3) Filter produk

Website dengan banyak konten, seperti blog dan e-commerce, membutuhkan filter pada halaman hasil pencarian. Jadi ketika pengguna memasukkan kata “mainan anak”, halaman hasil pencarian harus berisi fungsi filter. Filter memudahkan pengguna untuk menemukan produk yang mereka cari.

Mari kita lihat contoh filter pada halaman hasil pencarian Tokopedia berikut ini:

(4) Gambar + nama produk + deskripsi

Ini mengacu pada fungsi pelengkapan otomatis di bidang pencarian. Jika Anda pernah menggunakan kotak pencarian di Tokopedia sebelumnya, Anda mungkin pernah melihatnya. Tokopedia menampilkan gambar + nama produk + deskripsi di kotak pencariannya.

Metode ini dapat meningkatkan kemungkinan bahwa pengguna akan melakukan pembelian.

Lihat Juga :

https://www.suratkabar.id/
https://www.chip.co.id/
https://www.atursaja.com/
https://vncallcenter.com/
https://jadwalxxi.id/
https://jurubicara.id/
https://psyline.id/
https://liga-indonesia.id/
https://officialjimbreuer.com/
https://rollingstone.co.id/

Rate this post