Cara membuat pintasan kontak WhatsApp di layar beranda ponsel Android

1 min read

Membuat shortcut WhatsApp ke homepage HP sangat mudah. Di halaman beranda ponsel Android ini, Anda dapat mencoba membuat pintasan kontak WhatsApp.

Sebagai pengguna WhatsApp, Anda pasti memiliki satu atau lebih kontak khusus yang sering dihubungi, bukan? Nah, jika demikian, Anda mungkin tertarik untuk menambahkan kontak WhatsApp mereka langsung ke layar beranda HP.

Apa itu mungkin? Sangat baik. Bagi yang belum tahu, WhatsApp Android sebenarnya memiliki fungsi shortcut. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menambahkan pintasan kontak tertentu pada layar awal HP. Fungsinya untuk memudahkan Anda menghubunginya tanpa harus mencarinya di aplikasi WhatsApp.

Trik ini juga cocok untuk anak-anak/orang tua yang baru belajar memegang HP Android. Cukup klik link kontak, Anda bisa langsung menghubungi orang tua/anak.
Cara membuat pintasan WhatsApp di Android

Sangat mudah untuk membuat pintasan kontak WhatsApp di Android. Anda bisa langsung mempraktekkan langkah-langkah berikut ini:

Buka aplikasi WhatsApp.
Di layar ponsel, buka obrolan dengan kontak yang ingin Anda tautkan.

Setelah itu, klik ikon tiga titik di sudut kanan atas layar.

Pilih menu "Lainnya".

Kemudian pilih menu "Tambahkan Pintasan".

Anda dapat mengklik tombol Tambah untuk menempatkan pintasan di layar mana pun.

Atau Anda bisa menekan dan menahan ikon shortcut untuk mengatur posisinya di layar sesuka Anda.

Oke ini hasilnya. Setelah mengklik shortcut tersebut, Anda akan langsung dibawa ke halaman chat dengannya. Di sana Anda dapat mengetik obrolan seperti biasa untuk melakukan panggilan suara/video.

Nah, meskipun shortcut seperti di atas bisa memudahkan kita untuk menghubungi kontak tertentu di WhatsApp, namun shortcut seperti ini tidak 100% ramah untuk pengguna biasa, terutama anak-anak/lansia.

Lihat juga
Orang tua perlu tahu! Cara kerja fitur Kotak Misteri Netflix untuk anak-anak
Dengan hiburan

Misalnya, coba WhatsApp menambahkan fitur pintasan khusus untuk panggilan telepon/video. Mungkin ceritanya akan berbeda. Dengan satu klik, pengguna dapat terhubung langsung ke orang yang mereka inginkan dengan panggilan telepon/video.

Apalagi jika ukuran shortcut bisa ditambah/dikurangi. Dijamin mudah diakses oleh pengguna, terutama para lansia (kebanyakan lansia tidak dapat melihat gambar/font kecil dengan jelas). Untuk anak-anak/orang tua yang belum bisa menulis chat, fitur seperti itu pasti sangat cocok bukan?

Hmmm, saya harap memang ada fitur seperti itu untuk WhatsApp. Jadikan WhatsApp lebih ramah pengguna. Setuju?

Sumber :

Rate this post

Muncul di FCC, Realme 9i Mengungkapkan Panel Belakang dan…

Bocoran mengenai spesifikasi smartphone realme yakni realme 9i terus mengalir deras di internet. Menurut laporan terbaru oleh My Smart Price, ada kecurigaan kuat bahwa...
Fathul
59 sec read

Samsung Galaxy Z Flip 4 akan memiliki SoC baru…

beritaSamsung Galaxy Z Flip 4 akan memiliki SoC baru dan baterai yang lebih besar Tipper Yogesh Brar yang sebelumnya mengungkap spesifikasi Galaxy Z Fold...
Fathul
1 min read

Tutorial Cara mengonversi foto JPG ke PDF dengan mudah…

PDF (Portable Document Format) adalah format file berbasis teks yang pertama kali diperkenalkan oleh Adobe. PDF banyak digunakan sebagai e-book atau data dokumen yang...
Fathul
1 min read